Friday, January 29, 2021

Apa yang terbayang pertama kali mendengar gluten free cake? kalo tanya aku sih, denger yang gluten-free itu selalu mengingatkanku pada pola makan sehat nya orang-orang diet 😅😅
mohon maklum kadang suka katrok.

but anyway, before I review choco cake yang gluten-free ini, aku mau sedikiiittt aja sharing tentang apaan sih yang dimaksud dengan gluten-free itu sendiri.

Pengertian Gluten

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan (Triticale), gandum biasa, dan jelai atau barley. Jika Anda melihat makanan yang memiliki kemasan bertuliskan gluten-free atau bebas gluten berarti makanan tersebut tidak mengandung protein gluten.

Makanan gluten-free sebenarnya ditujukan kepada mereka yang memiliki penyakit celiac atau mereka yang memiliki intoleransi gluten. Lalu, bagaimana jika mengonsumsi makanan bebas gluten, namun tidak memiliki kedua penyakit tersebut? Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit celiac atau intoleransi gluten, makanan bebas gluten tidak akan memberikan manfaat tambahan dibanding makanan mengandung gluten.

Studi menunjukkan bahwa makanan yang mengandung biji-bijian utuh memiliki manfaat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Tapi, sebagian makanan bebas gluten justru cenderung kurang bernutrisi termasuk kalsium, vitamin B, magnesium, serat, zinc, dan zat besi.

(https://www.alodokter.com/menelusuri-makna-gluten-free)


nah eta sok mangga di baca baik-baik potongan artikel dari alodokter.com diatas ya.
jadi emang sebenernya, kalo kamu ga ada alergi sama gluten, ga terlalu ngaruh ya makan-makanan yg gluten-free.

walaupun, sebenernya olahan tepung ber-gluten lebih baik gak sering di konsumsi apalagi secara terus menerus dan rutin karena efeknya itu untuk jangka panjang.... Gluten jaman sekarang itu udah melalui banyak proses sehingga jadi penyebab leaky gut (gerd, asam lambung, kecemasan, etc). So, still yahh.. even kamu ga punya alergi, better kurangi atau batasi penggunaan bahan makan ber-gluten secara berlebihan.

ee ee ee tapiii....
cake dari @gut.zilla yang mampir di rumahku hari ini bukan cuma soal gluten-free aja ya kakanda.. but much more than that.



begitulah penampakan si choco cake gluten-free nya.. nampak normal seperti cake pada umumnya bukan????? yaeyalaaaaa...
karena pada dasarnya, cake gluten or gluten-free itu sama aja kecuali ingredient dan rasanya ajaaa.. penampakannya sih sama aja.


let's see, jadiiiii.... si cake ini tuh padet ya gengs, dari serat nya mirip caramel cake yg kawin silang sama brownies kukus.. padat merayap dan moist.
oke, sebelum kita bahas tentang rasanya, aku mau kasih liat ingredients nya, jadi kita bisa fair menilai taste nya.
here we go,

please read carefully, wkwk seriously emang ini tu cake yang dibuat lebih sehat dari cake pada umumnya.
karena tidak mengandung gulgar jadi baik buat semua usia terutama buat yang lagi diet gulgar..
GAK PAKE TELOR coy, apakah ini berarti cake ini tidack spesial? karena biasanya yang spesial selalu pake TELOR. :')
tentu bukan begitu konsepnya ya bambank.. 😩

ditambah ada flaxseed, si biji-bijian yang sangat baik di konsumsi karena bernutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh kita.
oh iya tenang aja, ini cocoa nya yg raw yah, jadi bukan cocoa powder yang udah ada campuran gula, susu, atau temen-temen penuh dosa lainnya. aman. tenang....

then,
RASANYA GIMANA SHITA??????
hehehehe.. actually... im not a fan of healthy food so far.. kita doain aja ya please biar someday I prefer healthy food than makanan ber-micin dan bergula dan bergaram dan yang enak-enak tapi penuh dosa. AAMIINN 😌👐

buat aku,rasa coklatnya enak dan berasa banget.. 
tapii, manis dari coconut sugar tidak match dengan coklat jadi bikin rasa cake nya agak mirip sama dodol coklat (ada gak sih dodol coklat? have no idea)
tapi emang itu yang aku rasakan..
coklat nya cukup dominan, jadi emang bener-bener rasa coklatnya itu menyelamatkan kehidupan choco-cake ini (menurut aku loh yaaaa....)

Ada kandungan flaxseed nya juga, jadi serius makan satu slice aja udah bikin lumayan kenyang..
so please, please buat kamu yang lagi diet, YOU MUST TRY THIS ONE.😇😘
karena untuk ukuran cake sehat, ini enak.

dan zuerr yah, @gut.zilla bikin topping almond nya banyak banget dan ga pelit toping.
thankyouu so much udah izinin aku icip choco cake gluten-free nya ya 💋
sukses selaluuu @gut.zilla muah muah

karimashita blog-space ♥ . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates